Bunga tini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

Bagaimana mengenal Aspek-aspek Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanakanak

Mengenal aspek-aspek perkembangan Anak Usia Dini sangatlah penting bagi guru di Taman Kanak-kanak, karena adalah dasar untuk menanamkan pendidikan yang paling mendasar, sehingga guru manangani pendidikan anak usia dini dengan lebih profesional dan lebih khusus.

Untuk menunjukkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar, kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi dari motorik halus dan kasar).

Selain itu mengembangkan kecerdasan anak dan kecerdasan tersebut meliputi; kognitif, seni, fisik motorik, untuk perkembangan sosial emosional anak dapat dilihat melalui sikap, perilaku agama, bahasa dan juga komunikasi, yang sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui anak usia dini.

Ada beberapa aspek yang perlu diketahui oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak.

1. Perkembangan anak di Taman Kanak-kanak.

Aspek-aspek yang dimaksud adalah fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan rasa beragama semakin lengkap dan sempurna tahap-tahap perkembangan pada semua aspek semakin sempurna kecerdasan anak tersebut dan sebaliknya.

a. Perkembangan fisik-motorik adalah: Perkembangan fisik motorik terdiri atas dua jenis yakni; motorik kasar dan motorik halus. Gerak motorik kasar bersifat gerakan secara utuh. Sedangkan gerak motorik halus lebih bersifat ketrampilan detail dengan domain dilakukan oleh tangan.

b.Perkembangan kognitif, pada anak usia dini, menurut Piaget bahwa pengetahuan dapat diperoleh melalui eksplorasi, manipulasi dan konstruksi secara elaboratif.

Piaget menyatakan bahwa karakterisasi aktivitas anak-anak berdasarkan pada tendensi-tendensi biologis yang terdapat pada semua organisme. c.Perkembangan Nilai-nilai Moral Agama dan Keagamaan. Piaget mempertanggung jawabkan kedua tahapan moral tersebut melalui cerita atau kisah baik buruk, kemudian anak diminta mengatakan benar dan salah atas cerita yang diberikan tersebut, kedua tahap moral inilah menjadi dasar tahap kognitifnya. Pemahaman konkrit anak dapat menilai moralitas lebih konseptual dan konkrit.

Demikianlah apa yang perlu diketahui oleh guru Taman Kanak-kanak mengenai aspek aspek perkembangan anak usia Dini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali